Hindari Wisatawan Asing Mengendarai Sepeda Motor, Kendaraan Sekolah Jatuh ke Jurang Sungai Sisodangin.

Hindari Wisatawan Asing Mengendarai Sepeda Motor Kendaraan Sekolah Jatuh ke

Pada hari Selasa, 16 Mei 2023, sebuah kecelakaan mengejutkan terjadi di jalur Lombok Utara. Sebuah bus sekolah dan sepeda motor yang dikendarai oleh turis asing (bule) jatuh ke dalam jurang Sungai Sisodang. Lumayan banyak korban yang terluka dan meninggal dunia dalam kejadian ini.

Kejadiannya sangat tragis. Namun, tragedi semacam ini sekarang menjadi lebih terdengar di Indonesia, terutama ketika turis asing yang tidak berpengalaman mengendarai sepeda motor di jalan-jalan yang berbahaya dan kurang terjaga.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang kecelakaan ini, tentang bahaya yang dihadapi oleh turis asing di jalan raya Indonesia, dan bagaimana kita dapat membantu mencegahnya.

1. Mengenal Jurang Bersisi di Lombok Utara

Baik bule muda maupun tua menjadikan jalur Lombok Utara sebagai tempat favorit untuk menjelajahi pulau dengan sepeda motor. Namun, apa yang mereka takutkan adalah jurang-jurang besar yang tersebar di jalan-jalan yang rindang di daerah tersebut.

Satu jurang yang sangat terkenal di Lombok Utara adalah Sungai Sisodang. Sungai ini terletak di dataran tinggi Sembalun dan membentang dari lembah pegunungan pada ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut.

Dari ketinggian tersebut, daerah Sungai Sisodang sangat curam dan terjal. Notches, sungai kecil, dan tebing sangat curam dan lepas. Bahkan penduduk lokal pun sangat berhati-hati ketika menyebrangi daerah tersebut. Dan dalam kasus kecelakaan tersebut, jurang itu menjadi penyebab kecelakaan maut bagi turis asing yang mengendarai sepeda motor.

2. Bahaya Bersepeda Motor di Indonesia

Indonesia memiliki banyak jalan berbahaya dan tersembunyi yang sangat berbahaya bagi bule yang lebih sering menggunakan kendaraan bermotor di negara-negara yang lebih maju dan terorganisir dengan baik.

Dalam beberapa kasus, turis asing tidak memiliki pengalaman dengan kondisi jalan dan hambatan lokal, seperti lubang di jalan, rujukan, atau hambatan alami seperti ganasnya sungai yang tersembunyi.

Banyak dari kasus kecelakaan yang melibatkan bule di jalan-jalan Indonesia disebabkan oleh kurangnya pengalaman dan pengetahuan mereka tentang kondisi jalan dan keadaan di wilayah tersebut. Bahkan sebelum kecelakaan yang disebutkan di atas, beberapa pengendara asing terlibat dalam kecelakaan fatal di jalan-jalan di Bali dan Lombok.

Maka dari itu, sangat penting bagi pengendara asing untuk membiasakan diri dengan kondisi jalan dan keadaan di Indonesia sebelum menggunakan sepeda motor di sana. Bahkan lebih baik jika mereka memberi kepercayaan pada pengemudi lokal atau tur yang berpengalaman yang tahu jalur yang aman dan menghindari bahaya.

3. Pentingnya Pemahaman Siap Mengendarai Motor

Banyak turis asing yang hanya mengambil kelas mengemudi singkat sebelum memulai perjalanan di Indonesia. Namun, ini mungkin tidak cukup. Ada perbedaan signifikan antara mengemudi di negara-negara maju dan berkembang.

Di negara maju, kondisi jalan, fasilitas, aturan lalu lintas, dan kemungkinan kecelakaan jauh lebih terbatas. Saat berkendara di Indonesia, turis asing dapat dengan mudah terkecoh oleh kondisi jalan yang curam, terjal, berbahaya, dan pengendara lain yang tidak memperhatikan aturan lalu lintas.

Jadi, sangat penting bagi turis asing untuk mengambil kelas mengemudi yang sesuai dan memahami hambatan lokal. Hal ini akan memungkinkan mereka untuk memperhatikan sekitar mereka dengan lebih baik saat berkendara.

4. Risiko Mengendarai Motor di Lombok Utara

Sejauh ini, Lombok Utara masih menjadi jalur tur yang diinginkan untuk berkendara dengan sepeda motor. Namun, banyak pengendara motor yang merasa bahwa rute ini berbahaya bagi bule dan mengusulkan agar lebih umum menggunakan moda transportasi alternatif seperti taksi.

Turis asing harus menjaga keseimbangan mereka di sepeda motor di jalur Lombok Utara, terutama di bagian dataran tinggi Sembalun. Pengendara akan menemukan medan bergelombang, jalan bersaling dan tepi tebing. Keadaan curam dan sangat terjal. Bahkan ketika memperhatikan rute yang aman, pengendara harus memperhatikan dinding tebing yang curam dan banyak lubang di jalan

5. Bagaimana Mencegah Kecelakaan Fatal

Jadi, bagaimana mencegah kecelakaan seperti yang disebutkan di atas? Ada beberapa tindakan yang dapat diambil oleh pengendara asing untuk meningkatkan keselamatan mereka di jalan raya Indonesia:

Menguasai Anda sebelum berkendara

Pastikan Anda memahami kondisi jalan dan keadaan lokal sebelum mengambil kendaraan bermotor. Jangan agresif di jalan dan hindari kecepatan yang tinggi.

Beri kepercayaan pada pengemudi atau tur yang berpengalaman

Jika Anda merasa tidak nyaman mengemudi, keluarkan uang ekstra untuk mempekerjakan pengemudi lokal atau tur yang berpengalaman. Mereka akan dapat memahami kondisi jalan dan membimbing Anda ke jalur yang lebih aman.

Memperhatikan Aturan Lalu Lintas

Ikuti aturan lalu lintas dengan hati-hati dan hindari mengemudi di malam hari, terutama di daerah yang kurang terang benderang.

Menjaga Kondisi Kendaraan

Selalu periksa kondisi kendaraan Anda dan pastikan bahwa rem, lampu belakang, dan sinyal berfungsi dengan baik.

6. Kesimpulan

Kita memiliki tanggung jawab untuk membuat negara kita lebih aman bagi turis asing. Mari berbagi informasi dan pedoman tentang kondisi jalan dan keserakatan lokal dengan pengunjung asing. Ingatkan mereka untuk berhati-hati ketika mengemudi dan meniru cara mengemudi mereka dari pengemudi lokal yang berpengalaman.

Dalam kasus di mana pengendara asing memutuskan untuk mengemudi sendiri, sangat penting bagi mereka untuk mengambil klase mengemudi yang lebih lengkap dan memahami kondisi daerah lokal. Kita semua bertanggung jawab untuk mencegah kecelakaan yang tidak perlu pada jalan raya Indonesia. Mari kita membuatnya lebih aman dan hangat untuk pengendara lokal maupun asing.

Original Post By Dmarket

Originally posted 2023-05-16 15:26:10.

Exit mobile version