Sebelum Daftarkan Bacaleg, Ini Daftar yang Wajib Diperhatikan Seluruh Parpol – Dmarket.co.id

58710 05010206052023 ilustrasi seleksi caleg

Memasuki tahun politik, kegiatan pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) akan segera dimulai. Untuk memastikan bahwa proses pendaftaran berjalan dengan lancar, seluruh partai politik harus memperhatikan beberapa hal yang wajib dipenuhi. Berikut adalah daftar yang harus diperhatikan oleh seluruh parpol sebelum mendaftarkan bacaleg.

1. Legalitas

Seluruh partai politik wajib memastikan bahwa setiap bacaleg yang didaftarkan memiliki legalitas yang jelas. Hal ini termasuk memastikan bahwa unsur kewarganegaraan dan umur sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah.

2. Keterwakilan Gender

Partai politik wajib memperhatikan keterwakilan gender dalam daftar bacaleg. Setiap partai politik harus memastikan bahwa jumlah mengikutkan bacaleg dari masing-masing jenis kelamin mencapai 30 persen atau lebih dari jumlah bacaleg secara keseluruhan.

3. Keterwakilan Daerah

Setiap daerah memiliki kuota keterwakilan bacaleg yang ditetapkan oleh KPU. Partai politik harus memperhatikan kuota keterwakilan daerah ketika mendaftarkan bacaleg. Memiliki bacaleg yang berasal dari daerah yang berbeda dapat membantu partai politik mendapatkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat.

4. Kualifikasi

Setiap bacaleg harus memiliki kualifikasi yang memadai untuk menjadi anggota legislatif. Partai politik harus memastikan bahwa bacaleg yang didaftarkan memiliki kualifikasi yang memenuhi syarat, seperti memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang relevan.

5. Integritas

Setiap bacaleg harus memiliki integritas yang tinggi dan diharapkan dapat menjadi contoh bagi masyarakat. Partai politik harus memastikan bahwa bacaleg yang didaftarkan memiliki integritas yang baik dan tidak memiliki catatan buruk di masa lalu.

6. Komitmen

Setiap bacaleg harus memiliki komitmen yang tinggi terhadap partai politik dan masyarakat. Partai politik harus memastikan bahwa bacaleg yang didaftarkan memiliki komitmen yang kuat terhadap partai politik dan terhadap masyarakat yang akan diwakilinya.

7. Keterlibatan Masyarakat

Partai politik harus memperhatikan keterlibatan masyarakat dalam proses pemilihan bacaleg. Hal ini dapat dilakukan dengan mengadakan pertemuan atau diskusi dengan masyarakat setempat untuk mendengar aspirasi dan harapan mereka.

8. Kampanye

Partai politik harus memperhatikan aturan-aturan kampanye yang telah ditetapkan oleh KPU. Setiap kampanye yang dilakukan harus mematuhi aturan tersebut dan tidak melanggar etika dan moralitas.

9. Keterbukaan

Partai politik harus memiliki keterbukaan yang tinggi dalam proses perekrutan bacaleg. Hal ini termasuk memastikan bahwa setiap calon yang mendaftar memiliki kesempatan yang sama untuk dipertimbangkan.

10. Sumber Daya

Partai politik harus mempertimbangkan sumber daya yang dimiliki untuk memfasilitasi kampanye dan kegiatan lainnya yang dibutuhkan. Hal ini termasuk memperhatikan anggaran kampanye dan kebutuhan logistik lainnya yang diperlukan.

Demikian daftar yang wajib diperhatikan seluruh parpol sebelum mendaftarkan bacaleg. Dengan memperhatikan hal-hal di atas, diharapkan proses pendaftaran bacaleg dapat berjalan dengan lancar dan masyarakat memiliki calon legislatif yang berkualitas untuk mewakili mereka di lembaga legislatif.

Original Post By Dmarket

Originally posted 2023-05-05 22:17:52.