Berita  

Waspadai Kejahatan Siber Ketika Bertransaksi Keuangan Digital Saat Lebaran

Screenshot 18

Kejahatan siber atau cybercrime mengancam keamanan transaksi keuangan digital, terutama saat hari raya Lebaran. Setiap tahun, jumlah transaksi keuangan digital meningkat tajam di Indonesia selama bulan Ramadan dan Lebaran. Oleh karena itu, waspadalah dan jangan lengah saat bertransaksi menggunakan aplikasi perbankan dan e-wallet. Ketahui risiko yang mungkin timbul saat menggunakan metode pembayaran daring (online) dan belanja online. Berikut ini adalah informasi terbaru tentang kejahatan siber dan cara menghindarinya:

1. Perhatikan Alamat Situs Web dan Aplikasi

Jangan pernah mengklik tautan (link) atau alamat situs web yang mencurigakan. Selalu pastikan bahwa Anda mengunjungi situs resmi bank atau penyedia layanan keuangan digital seperti e-wallet. Pastikan bahwa alamat situs tersebut dimulai dengan https:// dan dilengkapi dengan sertifikat keamanan SSL (Secure Socket Layer). Hal ini menunjukkan bahwa situs tersebut aman dan dapat dipercaya.

2. Verifikasi Identitas Pembayaran

Saat melakukan pembayaran digital, pastikan bahwa identitas dan informasi pembayaran yang diberikan benar dan valid. Jangan mudah tergoda untuk membagikan informasi pribadi seperti nomor kartu kredit atau kode CVV yang dapat memberikan akses keuangan Anda kepada orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Gunakan Aplikasi Perbankan Resmi

Pastikan bahwa Anda menggunakan aplikasi perbankan resmi untuk bertransaksi keuangan digital. Hindari mengunduh aplikasi dari situs web atau sumber yang tidak dapat dipercaya. Selalu pastikan bahwa aplikasi tersebut telah diverifikasi oleh penyedia layanan keuangan dan dapat diunduh dari sumber resmi seperti Google Play atau App Store.

4. Hindari Transaksi di HotSpot Publik

Jangan pernah bertransaksi keuangan digital di hotSpot publik atau jaringan Wi-Fi yang tidak aman. HotSpot publik rentan terhadap peretasan karena data yang dikirimkan kurang terenkripsi. Saat menggunakan laptop atau ponsel untuk bertransaksi keuangan digital, pastikan bahwa Anda menggunakan jaringan Wi-Fi yang aman dan terenkripsi.

5. Jangan Cepat Percaya Tawaran yang Menggiurkan

Hati-hati dengan tawaran yang terlalu menggiurkan di media sosial atau aplikasi belanja online. Tawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan mungkin tidak benar-benar ada. Jangan mudah terpedaya dengan diskon atau harga yang terlalu murah, sebelum memastikan keandalan penjual dan produk yang dijual.

6. Perhatikan Resi dan Bukti Pembayaran

Pastikan bahwa Anda memiliki bukti pembayaran dan resi setiap kali berbelanja online. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa pembayaran telah berhasil dan barang yang Anda beli akan dikirimkan tepat waktu. Periksa kembali resi dan bukti setelah barang diterima untuk memastikan bahwa produk yang diterima sesuai dengan pesanan Anda.

7. Siapkan Kata Sandi yang Kuat dan Berbeda

Pastikan bahwa Anda memiliki kata sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap layanan keuangan digital yang digunakan. Jangan pernah menggunakan kata sandi yang sama untuk lebih dari satu layanan karena itu dapat memudahkan pelaku cybercrime untuk membobol semua akun Anda sekaligus. Kata sandi yang kuat harus terdiri dari kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan karakter khusus.

8. Jangan Menggunakan Fitur Auto-save

Jangan pernah menggunakan fitur auto-save atau auto-fill pada browser atau aplikasi yang digunakan untuk bertransaksi keuangan digital. Fitur ini dapat memudahkan pelaku kejahatan siber untuk mengakses akun dan informasi pribadi Anda.

9. Hindari Membagikan Informasi Pribadi

Hindari membagikan informasi pribadi seperti nomor identitas atau nomor jaminan sosial untuk tujuan verifikasi atau identifikasi. Hal ini dapat mempermudah pelaku kejahatan siber untuk mengakses akun dan informasi pribadi Anda.

10. Gunakan Layanan Pengamanan yang Tersedia

Pastikan bahwa Anda menggunakan layanan pengamanan yang disediakan oleh penyedia layanan keuangan digital seperti two-factor authentication atau facial recognition. Fitur pengamanan ini dapat melindungi akun dan informasi pribadi Anda dari akses yang tidak sah.

Dalam rangka mencegah kejahatan siber dan memastikan keamanan transaksi keuangan digital Anda, pastikan bahwa Anda selalu berhati-hati saat berbelanja online atau menggunakan aplikasi perbankan. Jangan pernah lengah dan tetap waspada pada setiap transaksi dan tawaran yang diterima. Dengan mengikuti tips dan saran di atas, Anda dapat menikmati pemenuhan kebutuhan Lebaran tanpa harus khawatir tentang keamanan keuangan digital Anda.

Original Post By Dmarket

Originally posted 2023-04-22 15:23:36.