PLN Nusantara Power UPDK Pandan Salurkan CSR ke-Bank Sampah Yamantab

IMG 20230419 WA0021 2

PLN Nusantara Power UPDK Pandan Salurkan CSR ke-Bank Sampah Yamantab: Menggerakan Gerakan Sampah di Indonesia

PLN Nusantara Power UPDK Pandan, salah satu perusahaan penyedia listrik di Indonesia, telah melakukan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) dengan memberikan dukungan kepada Bank Sampah Yamantab. Bank Sampah Yamantab merupakan sebuah lembaga di Indonesia, yang menawarkan layanan pengelolaan sampah dari rumah tangga, bisnis dan industri yang berlokasi di daerah Tangerang Selatan. Kegiatan CSR yang dilakukan PLN Nusantara Power UPDK Pandan ini diharapkan dapat membantu gerakan untuk mengurangi limbah sampah di Indonesia, dan juga mendorong masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan di sekitar mereka.

Berikut adalah informasi terbaru di tahun ini mengenai kegiatan CSR PLN Nusantara Power UPDK Pandan dan Bank Sampah Yamantab.

1. Sejarah Bank Sampah Yamantab
Bank Sampah Yamantab memiliki sejarah yang panjang dalam bergerak di dunia lingkungan. Sejak didirikan pada tahun 2009, Bank Sampah Yamantab kini telah diakui oleh masyarakat setempat dan instansi pemerintahan sebagai lembaga yang dapat membantu mengurangi permasalahan sampah di Indonesia.

2. Kontribusi PLN Nusantara Power UPDK Pandan
Dalam kepercayaan yang tinggi pada misi yang dijalani Bank Sampah Yamantab, PLN Nusantara Power UPDK Pandan pun memutuskan untuk ikut andil dalam kegiatan CSR di bank sampah tersebut. Salah satu kontribusi yang diberikan oleh perusahaan ini adalah menyediakan kendaraan bak terbuka yang digunakan untuk mengangkut sampah dari beberapa titik di daerah Tangerang Selatan.

3. Mengurangi Sampah Plastik di Indonesia
PLN Nusantara Power UPDK Pandan dan Bank Sampah Yamantab memusatkan perhatiannya pada krisis plastik yang dihadapi oleh Indonesia. Sampah plastik di Indonesia menjadi masalah yang sangat besar karena keterbatasan fasilitas pengelolaan sampah yang memadai. Dalam kegiatan CSR-nya, PLN Nusantara Power UPDK Pandan dan Bank Sampah Yamantab berhasil mengurangi setidaknya sekitar 16.2 ton sampah plastik dari wilayah Tangerang Selatan.

4. Mendorong Kesadaran Lingkungan di Indonesia
Kegiatan CSR PLN Nusantara Power UPDK Pandan dan Bank Sampah Yamantab berhasil memberikan contoh yang baik bagi masyarakat Indonesia tentang pentingnya memerhatikan lingkungan sekitarnya. Dalam beberapa tahun terakhir, gerakan lingkungan telah menjadi sangat penting di Indonesia, dan kegiatan semacam ini menjadi penggerak penting bagi masyarakat untuk turut ambil bagian dalam pengelolaan lingkungan hidup.

5. Dampak Positif di Masyarakat
Kegiatan CSR PLN Nusantara Power UPDK Pandan dan Bank Sampah Yamantab tidak hanya berhasil mengurangi jumlah sampah yang terbuang di masyarakat, tetapi juga memberikan dampak positif pada masyarakat. Bank Sampah Yamantab yang bekerja sama dengan PLN Nusantara Power UPDK Pandan menjadi salah satu tempat yang efektif bagi masyarakat untuk membuang sampah, dengan upaya yang dilakukan pasangan ini makin meluas secara sosial, bersama dan meningkatkan kesadaran lingkungan dalam masyarakat.

6. Inovasi Pembuangan Sampah
Bank Sampah Yamantab juga memperkenalkan sejumlah inovasi sederhana untuk membantu masyarakat dalam membuang sampah. Contohnya, dengan menggunakan sistem poin, masyarakat dapat menukar sampah yang telah terkumpul dengan poin yang dapat digunakan untuk mengakses layanan yang ditawarkan Bank Sampah Yamantab, seperti pembelian produk ramah lingkungan seperti kotak untuk botol plastik, atau biji-bijian organic untuk ditanam.

7. Penghematan Biaya
Kegiatan gerakan nasional yaitu perubahan pola hidup terutama dalam pengelolaan sampah diharapkan bisa membantu menghemat banyak biaya di masa depan, dengan akan turunnya volume sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir, dan mengurangi pengelolaan sampah yang membutuhkan biaya banyak, seperti pencucian dan pengolahan khusus seperti pengelolaan limbah residu B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya).

8. Kemajuan Ekonomi Masyarakat Lokal
Bank Sampah Yamantab juga berhasil mendorong kemajuan ekonomi masyarakat lokal di sekitarnya. Pasangan bank sampah dan PLN Nusantara Power UPDK Pandan ini mengajak dan mendukung warga untuk melakukan pengumpulan sampah plastik dari rumah dan lingkungan sekitar. Setelah berhasil mengumpulkan banyak sampah, mereka dapat menjualnya ke bank sampah tersebut. Selain itu, dengan adanya layanan pengolahan sampah, masyarakat yang bertani juga dapat memanfaatkan limbah organik untuk memupuk tanaman mereka.

9. Membuat Contoh Analogi
Kegiatan CSR PLN Nusantara Power UPDK Pandan dan Bank Sampah Yamantab dapat menjadi contoh analogi bagi perusahaan lain di Indonesia. PLN Nusantara Power UPDK Pandan dan Bank Sampah Yamantab memperlihatkan betapa pentingnya peranan perusahaan dalam membangun kesadaran tentang lingkungan hidup, dan bagaimana perusahaan-perusahaan dapat berkolaborasi untuk mencapai tujuan yang lebih besar di masa depan.

10. Kesimpulan
PLN Nusantara Power UPDK Pandan dan Bank Sampah Yamantab telah berhasil melakukan kegiatan CSR dengan memberikan dukungan bagi Bank Sampah Yamantab dalam pengelolaan sampah plastik yang ada di wilayah Tangerang Selatan. Perusahaan ini memperlihatkan betapa pentingnya peran perusahaan dalam membangun kesadaran lingkungan di masa depan, dan menjadi contoh analogi bagi perusahaan yang lain. Seperti pada subjudul sebelumnya Bank Sampah Yamantab juga berhasil mendorong kemajuan ekonomi masyarakat lokal di sekitarnya dan menghitung penghematan biaya pencucian dan pengolahan khusus. Diharapkan kegiatan CSR yang dilakukan PLN Nusantara Power UPDK Pandan dan Bank Sampah Yamantab ini dapat mendorong gerakan lingkungan di Indonesia, dan membantu mengurangi krisis sampah yang ada di seluruh daerah Indonesia.

Original Post By Dmarket

Originally posted 2023-04-20 09:14:51.