Berita  

Pemerintah Indonesia Akan Meningkatkan Ekspor Kratom Meskipun Terlibat Dalam Pembahasan Narkotika

Pemerintah Indonesia Akan Meningkatkan Ekspor Kratom Meskipun Terlibat Dalam Pembahasan

Meski Masuk Wacana Narkotika, Pemerintah RI Bakal Tingkatkan Ekspor Kratom

Indonesia memiliki banyak potensi dan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian negara. Salah satu potensi tersebut adalah tumbuhan kratom atau disebut dengan Mitragyna speciosa. Kratom memiliki kandungan bahan aktif mitraginin yang dapat memberikan efek menenangkan dan mengurangi rasa sakit. Di berbagai negara, kratom juga dipakai sebagai obat untuk depresi dan kecemasan.

Namun, kratom semakin menjadi sorotan setelah masuk wacana narkotika di Indonesia. Tumbuhan ini juga menjadi kontroversial di Amerika Serikat dan Eropa karena dipandang sebagai obat terlarang. Namun, Pemerintah Indonesia tetap berusaha untuk meningkatkan ekspor kratom ke negara-negara lain.

1. Potensi Ekspor Kratom di Indonesia

Indonesia merupakan negara produsen terbesar kratom di dunia. Di beberapa daerah seperti Kalimantan, kratom tumbuh liar dan dapat ditemukan di hutan-hutan. Saat ini, kratom hanya dibudidaya di kebun-kebun yang dikelola oleh petani. Kratom yang dihasilkan oleh petani ini kemudian dikirim ke pengumpul yang biasanya berada di kabupaten/kota terdekat.

Melalui pengumpul ini, kratom kemudian dijual ke eksportir yang nantinya akan mengekspor kratom ke negara-negara lain. Salah satu eksportir kratom terbesar di Indonesia adalah PT Bikhuk. Selain itu, masih banyak eksportir dan pedagang lokal yang membeli kratom dari petani untuk dijual kembali ke luar negeri.

2. Potensi Tinggi dalam Meningkatkan Perekonomian Indonesia

Ekspor kratom di Indonesia memang masih terbilang kecil dan baru terlihat meningkat di beberapa tahun terakhir. Namun, potensi ekspor kratom di Indonesia sangat besar dan dapat meningkatkan perekonomian negara secara signifikan. Pada tahun 2019, pemerintah menargetkan ekspor kratom mencapai USD 1 miliar.

Peningkatan ekspor kratom juga dapat memberikan dampak sosial positif untuk masyarakat Indonesia. Ketika terjadi peningkatan permintaan, petani akan diberi insentif untuk membudidayakan lebih banyak kratom. Hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan bagi petani dan masyarakat.

3. Perhatian Pemerintah dalam Meningkatkan Ekspor Kratom

Pemerintah Indonesia sangat memperhatikan potensi ekspor kratom dan berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan ekspor kratom ke negara-negara lain. Salah satu kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah adalah pengaturan pemasaran kratom secara terencana melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Ekspor Nasional (BPPEN). Pemerintah juga membentuk Forum Ekspor Kratom Indonesia (FEKI) untuk mengembangkan potensi ekspor kratom.

Selain itu, pemerintah juga berusaha untuk melakukan edukasi kepada masyarakat dan dunia internasional tentang manfaat kratom sebagai bahan obat dan bahan alami. Dalam hal regulasi, pemerintah juga mengupayakan untuk mengatur ekspor kratom dengan ketat agar tidak dicurigai sebagai substansi narkotika.

4. Potensi Kratom di Negara-negara Tujuan Ekspor

Kratom populer di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Eropa, dan Australia sebagai bahan alami untuk kesehatan dan obat terapi alternatif. Kratom sering dipakai oleh mereka yang menderita sakit kronis, gangguan kecemasan, dan depresi. Oleh karena itu, permintaan kratom di seluruh dunia terus meningkat.

Pemerintah Indonesia harus terus meningkatkan kualitas dan kuantitas ekspor kratom ke negara-negara tujuan. Selain itu, Indonesia juga harus memperhatikan regulasi dan kebijakan ekspor di negara-negara tersebut agar ekspor kratom dapat berjalan dengan lancar.

5. Tantangan dalam Meningkatkan Ekspor Kratom

Kratom masuk dalam kategori narkotika oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) di Indonesia. Meskipun demikian, penggunaan kratom masih legal di Indonesia dan di beberapa negara. Namun, stigma negatif tentang penggunaan narkotika dapat mempengaruhi persepsi dunia internasional tentang kratom. Oleh karena itu, pemerintah harus terus memberikan informasi tentang kratom sebagai bahan alami untuk kesehatan dan obat terapi alternatif.

Selain itu, tantangan dalam meningkatkan ekspor kratom juga terkait dengan kualitas hasil produksi. Indonesia harus meningkatkan kualitas kratom agar dapat bersaing dengan negara lain seperti Thailand dan Malaysia yang juga produsen kratom terbesar di dunia.

6. Peran Petani dalam Meningkatkan Ekspor Kratom

Petani merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan ekspor kratom di Indonesia. Petani harus diberikan edukasi tentang budidaya dan pengolahan kratom sehingga hasil produksi dapat meningkat. Selain itu, pemerintah harus memberikan insentif kepada petani agar dapat memperbaiki kualitas dan kuantitas hasil produksi.

Indonesia memiliki keunggulan dalam jumlah luas lahan pertanian yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai budidaya. Oleh karena itu, petani dapat diberikan alternatif lain dalam memanfaatkan lahan mereka seperti menanam kratom. Hal ini akan membantu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

7. Dukungan Industri dalam Meningkatkan Ekspor Kratom

Selain petani, industri juga memiliki peran penting dalam meningkatkan ekspor kratom. Industri harus memberikan dukungan dalam hal pengolahan dan pemasaran produk. Selain itu, industri juga dapat memberikan insentif kepada petani agar dapat memperbaiki kualitas dan kuantitas hasil produksi.

Industri juga dapat bekerja sama dengan pemerintah dan organisasi terkait dalam mencari pasar yang potensial bagi ekspor kratom. Hal ini dapat membantu meningkatkan permintaan dan harga kratom di pasar internasional.

8. Kesimpulan

Meski masuk wacana narkotika, potensi ekspor kratom di Indonesia masih sangat besar. Pemerintah harus terus berusaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi serta memperbaiki regulasi dan kebijakan ekspor agar dapat bersaing dengan negara lain. Petani dan industri juga harus bekerja sama dalam meningkatkan ekspor kratom dan membantu meningkatkan perekonomian negara serta kesejahteraan petani. Dalam hal ini, peran dan dukungan dari semua pihak sangat penting untuk dapat memaksimalkan potensi ekspor kratom di Indonesia.

Original Post By Dmarket