Berita  

2.364 Satpol PP Dikerahkan untuk Mengawasi Keamanan Natal di Jakarta

2364 Satpol PP Dikerahkan untuk Mengawasi Keamanan Natal di Jakarta

Satpol PP Dikerahkan Jaga Keamanan Natal di Jakarta

Setiap tahun saat perayaan Natal tiba, banyak orang di seluruh dunia merayakannya dengan meriah. Di Jakarta, pada tahun 2021, sedikitnya 2.364 petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dikerahkan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama perayaan Natal di ibu kota Indonesia.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang peran Satpol PP dalam menjaga keamanan selama Natal di Jakarta.

1. Satpol PP dan Keamanan Natal di Jakarta

Sebagai bagian dari tugas rutin mereka, Satpol PP selalu siap melayani masyarakat dan memberikan perlindungan selama perayaan Natal di Jakarta. Mereka biasanya dikerahkan di kawasan-kawasan yang banyak dikunjungi masyarakat selama liburan Natal.

A. Peran Satpol PP dalam memastikan keamanan

Satpol PP memiliki peran penting dalam memastikan kelancaran perayaan Natal di Jakarta. Mereka melakukan patroli untuk mengantisipasi gangguan-gangguan yang dapat mengusik kenyamanan masyarakat selama liburan.

B. Persiapan yang dilakukan Satpol PP

Untuk memastikan pelaksanaan tugas yang optimal, Satpol PP melakukan beberapa persiapan. Mereka melakukan koordinasi dengan aparat keamanan lainnya seperti kepolisian dan TNI. Selain itu, mereka mempersiapkan perlengkapan keamanan seperti alat komunikasi, senjata api, dan mobil patroli.

2. Tugas dan Tanggung Jawab Satpol PP selama Natal

Tugas dan tanggung jawab Satpol PP selama perayaan Natal antara lain:

A. Mengatur Lalu Lintas

Satpol PP membantu mengatur lalu lintas di kawasan-kawasan yang banyak dikunjungi masyarakat selama liburan Natal, seperti mal dan pusat perbelanjaan.

B. Memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan

Selain menjaga keamanan, Satpol PP juga memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti mengatur antrean di gereja atau tempat-tempat ibadah lainnya.

C. Mengamankan tempat ibadah

Satpol PP juga ditugaskan untuk mengamankan tempat ibadah selama perayaan Natal. Mereka melakukan patroli di sekitar lokasi gereja atau tempat ibadah lainnya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

D. Melakukan Pengawasan di tempat-tempat keramaian

Pada saat Natal, masyarakat cenderung berkumpul di tempat-tempat keramaian seperti mal, taman, atau lapangan. Satpol PP melakukan pengawasan untuk memastikan keramaian tersebut tetap aman dan kondusif.

3. Saran untuk Masyarakat selama Natal

Di samping tugas dan tanggung jawab Satpol PP, ada beberapa saran yang dapat diikuti oleh masyarakat selama perayaan Natal untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama:

A. Patuhi protokol kesehatan

Di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, patuhi protokol kesehatan saat berkumpul dalam keramaian. Selalu gunakan masker, menjaga jarak, dan cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

B. Tepat waktu dalam mengatur kegiatan Natal

Usahakan agar aktivitas berkumpul dengan keluarga atau teman dilakukan tepat waktu dan tidak mengganggu kenyamanan orang lain.

C. Menghindari berkendara setelah mengonsumsi alkohol

Hindari berkendara setelah mengonsumsi alkohol. Lebih baik menggunakan transportasi umum atau taksi agar perjalanan selama Natal tetap aman dan nyaman.

4. Kesimpulan

Dalam menjaga keamanan selama perayaan Natal di Jakarta, Satpol PP memegang peranan yang sangat penting. Tugas dan tanggung jawab mereka mencakup mengatur lalu lintas, memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, mengamankan tempat ibadah, dan melakukan pengawasan di tempat-tempat keramaian. Masyarakat juga dapat ikut berkontribusi dalam memastikan keamanan dan kenyamanan bersama dengan mengikuti saran-saran yang diberikan.

Original Post By Dmarket