Berita  

Gempa M 4.9 Guncang Padang Sidempuan

gempa 1

Gempa M 4.9 Guncang Padang Sidempuan: Kejadian Terbaru di Tahun Ini

Gempa M 4.9 yang mengguncang Padang Sidempuan pada 1 Januari 2021 mengguncang warga di sekitar daerah Sumatera Utara. Gempa yang terus terjadi di Indonesia selalu menjadi perhatian publik karena Indonesia terletak di jalur cincin api pasifik yang merupakan kawasan rawan gempa bumi. Gempa bumi merupakan sebuah fenomena alam yang tidak bisa diprediksi serta dihindari, maka dari itu sebagai manusia harus selalu siaga dan waspada terhadap bencana alam ini.

Kemunculan gempa bumi pada awal tahun ini memberikan banyak informasi yang bisa menjadi referensi bagi masyarakat terutama bagi masyarakat daerah yang rawan gempa bumi seperti di Sumatera Utara. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini akan dibahas lebih dalam terkait kejadian gempa M 4.9 yang guncang Padang Sidempuan, serta informasi terbaru yang perlu diketahui oleh masyarakat Indonesia.

Pengertian Gempa Bumi

Gempa bumi adalah getaran atau goncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pergerakan atau pelepasan energi pada lapisan batuan bawah permukaan bumi. Getaran atau goncangan ini bisa dirasakan atau tidak dirasakan. Gempa bumi bisa menjadi sangat merusak terlebih lagi bila letaknya berada pada kawasan permukiman atau pada bangunan penting seperti gedung-gedung tinggi sehingga gempa harus masuk dalam pengkajian yang serius mengingat magnitude gempa itu dapat meningkat.

Jenis-jenis Gempa Bumi

Ada beberapa jenis gempa bumi berdasarkan jenis pergerakan/yang menyebabkan terjadinya gempa bumi:

1. Gempa tektonik

Gempa tektonik disebut juga dengan gempa bumi kerak. Gempa tektonik terjadi ketika lempeng bumi saling bergeser atau kulit bumi tergeser. Biasanya gempa ini terjadi pada daerah yang berada di jalur persilangan dua lempengan bumi atau tepat pada batasan antarlempeng.

2. Gempa vulkanik

Gempa vulkanik muncul di daerah gunung berapi yang sedang dalam aktivitas vulkanik. Energi yang dilepaskan oleh aktivitas vulkanik dapat memicu terjadinya gempa vulkanik.

3. Gempa air laut

Gempa air laut terjadi saat terjadi pergerakan atau pelepasan energi pada kerak bumi di dasar laut. Getaran ini dapat merambat ke wilayah pantai dan menimbulkan tsunami.

4. Gempa Lumpur

Gempa lumpur disebut juga dengan gempa tanah longsor. Gempa ini terjadi akibat adanya kelebihan air atau akibat erosi pada tanah-tanah curam. Gerakan massa tanah yang terjadi menyebabkan goncangan yang cukup kuat.

Penyebab Gempa Bumi

Gempa bumi terjadi akibat adanya tektonika lempeng bumi yang menyebabkan pergeseran lempeng bumi serta pelepasan energi pada pusat gempa. Adanya kelebihan tekanan dan gaya pada batuan membuat batuan itu cacat atau pecah akibatnya, pelepasan energi yang terkumpul dapat menimbulkan gempa bumi. Bila gempa terjadi pada laut, tekanan dan energi yang terlepas dapat merambat ke dalam bukit sehingga dapat membentuk tsunami.

Dampak Gempa Bumi

Setiap kejadian gempa bumi mempunyai dampak yang sangat besar. Dampak gempa bumi terlihat di tempat dimana gempa itu berpusat maupun daerah yang berada tepat di atasnya. Berdasarkan data geologi dapat terjadi:

1. Tsunami, gelombang setinggi beberapa meter yang membanjiri pantai dan sungai-sungai

2. Longsor tanah yang menimbulkan kerusakan pada permukiman penduduk

3. Kerusakan gedung atau bangunan, terutama pada jenis struktural yang tidak memperhitungkan tingkat resiko gempa

4. Amblasnya tanah di atas gua, tambang, dan sumur minyak yang mengakibatkan kerugian dalam perekonomian daerah atau negara

5. Serangan jantung akibat trauma batin akibat kepanikan yang terjadi saat terjadinya gempa.

Gempa M 4.9 Guncang Padang Sidempuan

Gempa bumi terjadi pada Jumat, 1 Januari 2021 dengan magnitudo 4,9 yang terjadi di bagian barat Padang Sidempuan, Sumatera Utara. Gempa ini terjadi pada pukul 02.20 waktu setempat dan berpusat di darat dengan kedalaman sekitar 10 kilometer. Akibat gempa tersebut, beberapa bangunan di Padang Sidempuan mengalami kerusakan yang cukup serius dan warga di sekitar wilayah gempa merasakan goncangan yang cukup kuat.

Beberapa wilayah di sekitar Padang Sidempuan yang merasakan gempa bumi antara lain:

1. Lubuk Pakam, Deli Serdang

2. Kisaran, Asahan

3. Panyabungan, Mandailing Natal

4. Solok, Sumbar

Pihak BPBD Kota Padang Sidempuan menyatakan bahwa tim dari BPBD Kota Padang Sidempuan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), TNI dan Polri terus memantau dampak setelah terjadi gempa bumi di wilayah tersebut. Hingga saat ini, belum diketahui adanya korban jiwa dan kerusakan yang cukup parah.

Saran dari para ahli tentang Gempa Bumi

Sejumlah ahli geologi telah mengeluarkan beberapa saran terkait cara agar masyarakat dapat mengantisipasi dampak yang mungkin muncul akibat gempa bumi. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut.

1. Meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat.

2. Peningkatan sosialisasi, terutama dalam hal kesiapan menghadapi gempa dan bencana alam lainnya.

3. Meningkatkan peran masyarakat, termasuk melaporkan kejadian gempa serta kerusakan yang terjadi di sekitar wilayah mereka.

4. Perekaman batuan (Rekayasa Dasar) pada konstruksi bangunan pelindung dengan kuat dorongan gempa tinggi.

5. Pembuatan kajian Detail Engineering Evaluasi dan Site Investigation terhadap bangunan

6. Menyiapkan program untuk menangani dampak dari gempa, seperti menyediakan lokasi tanggap darurat, membuat simulasi evacuasi, dan sejenisnya.

7. Menyiapkan alat pemadam kebakaran dan alat evakuasi, termasuk tenda pengungsian, makanan, dan minuman yang cukup serta obat-obatan yang dibutuhkan.

8. Bekerja sama dengan tim dari institusi terkait, termasuk BPBD, TNI, dan Polri.

9. Meningkatkan sistem peringatan dini saat terjadi gempa bumi.

Penutup

Gempa bumi merupakan kejadian alam yang tak terduga dan sangat merugikan bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Sedangkan kejadian gempa M 4.9 Guncang Padang Sidempuan yang terjadi pada awal tahun ini membuktikan bahwa Indonesia masih berada dalam daerah sering terjadi gempa bumi. Oleh sebab itu, diperlukan pemahaman yang tepat dan kesiapan masyarakat Indonesia menghadapi gempa bumi, serta meningkatkan kesiapan sosial bagi masyarakat terutama dalam keadaan darurat. Namun demikian diharapkan dengan adanya artikel ini dapat memberikan wawasan dan informasi yang tepat terkait kejadian gempa M 4.9 Guncang Padang Sidempuan kepada masyarakat luas serta dapat membantu dalam mengatasi bencana alam seperti gempa bumi.

Original Post By Dmarket

Originally posted 2023-04-15 08:53:22.