Antisipasi Kemacetan, Dua Jalur Tol di Sumut Siap Difungsikan

IMG 20230415 WA0000

Antisipasi Kemacetan, Dua Jalur Tol di Sumut Siap Difungsikan

Pemerintah Sumatera Utara telah menyelesaikan pembangunan dua jalur tol, yaitu Tol Medan-Binjai dan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa. Dua jalur tol ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan di jalur utama antara Medan dan Binjai serta Medan dan Tanjung Morawa.

Tol Medan-Binjai sendiri memiliki panjang sekitar 17,75 km dan akan melayani perjalanan antara Terminal Amplas, Kota Medan dengan Simpang Labura, Binjai. Adapun Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa memiliki panjang sekitar 23,8 km yang menghubungkan pelabuhan Belawan, Kota Medan dengan Tanjung Morawa, Deli Serdang. Kedua tol ini diproyeksikan dapat mengurangi waktu tempuh hingga 50% dari waktu sebelumnya.

Nah, agar Anda dapat mempersiapkan diri sebelum menggunakan tol tersebut, berikut adalah beberapa informasi tentang dua jalur tol yang akan difungsikan di Sumatera Utara. Kami membaginya dalam beberapa judul sebagai berikut.

1. Tol Medan-Binjai mulai beroperasi

Setelah melewati serangkaian uji coba dan pengujian, Tol Medan-Binjai akhirnya resmi beroperasi pada Agustus 2021. Dengan adanya jalur tol baru, diharapkan dapat mengurangi kemacetan yang sering terjadi di jalur utama antara Medan dan Binjai.

2. Akses tol dari Terminal Amplas dan Simpang Labura

Untuk akses tol Medan-Binjai, pengguna kendaraan dapat memasuki tol dari Terminal Amplas atau Simpang Labura. Namun, perlu diingat bahwa pembayaran tol hanya dapat dilakukan dengan menggunakan kartu elektronik.

3. Harga tarif tol Medan-Binjai

Sebagai informasi, tarif tol Medan-Binjai untuk kelas I (sepeda motor) adalah sekitar Rp 1.000 – Rp 2.000, sedangkan kelas II (mobil pribadi) sekitar Rp 2.000 – Rp 4.000. Tarif tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pemerintah.

4. Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa akan difungsikan pada tahun 2022

Sedangkan untuk Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa, rencananya akan difungsikan pada tahun 2022. Pembangunan tol ini menjadi solusi untuk mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di jalur utama antara pelabuhan Belawan dan Tanjung Morawa.

5. Akses tol dari pelabuhan Belawan dan Tanjung Morawa

Pengguna kendaraan dapat memasuki Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa dari pelabuhan Belawan atau Tanjung Morawa. Seperti Tol Medan-Binjai, pembayaran tol hanya dapat dilakukan dengan menggunakan kartu elektronik.

6. Harga tarif tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa

Tarif tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa masih belum diumumkan oleh pemerintah. Namun, tarif diperkirakan akan serupa dengan tarif tol Medan-Binjai.

7. Persiapan sebelum menggunakan tol

Sebelum menggunakan jalur tol, pastikan bahwa kendaraan yang digunakan dalam kondisi yang baik dan aman untuk digunakan. Selain itu, pastikan juga bahwa saldo dalam kartu elektronik mencukupi untuk membayar tarif tol.

8. Keuntungan menggunakan tol

Dengan menggunakan jalur tol, pengendara dapat menghemat waktu tempuh dan menghindari kemacetan yang sering terjadi di jalur utama. Selain itu, tol juga dapat membuat perjalanan menjadi lebih nyaman dan aman.

9. Antisipasi kemacetan saat memasuki tol

Namun, perlu diingat bahwa kemacetan pun masih bisa terjadi di gerbang tol. Agar terhindar dari kemacetan tersebut, pastikan bahwa kendaraan yang digunakan memiliki saldo kartu elektronik yang cukup dan mempersiapkan diri sebelum memasuki gerbang tol.

10. Keamanan saat memasuki tol

Pastikan juga untuk mengikuti aturan dan tanda-tanda lalu lintas yang berlaku saat memasuki dan keluar tol. Jangan terburu-buru dan selalu utamakan keamanan dalam setiap perjalanan yang Anda lakukan.

Nah, itulah beberapa informasi tentang Tol Medan-Binjai dan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa yang siap difungsikan di Sumatera Utara. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan keamanan dan kenyamanan dalam setiap perjalanan yang Anda lakukan. Selamat berkendara!

Original Post By Dmarket

Originally posted 2023-04-15 02:52:06.