Berita  

Polda Metro Jaya Appreciates R17 Group’s Safety Riding Training Program.

Polda Metro Jaya Appreciates R17 Groups Safety Riding Training Program

Gelar Safety Riding Training, R17 Group Diapresiasi Polda Metro Jaya

Pada tahun 2021, R17 Group mendapatkan pengapresiasiannya dari Polda Metro Jaya terkait program Safety Riding Training. Program ini dilakukan sebagai upaya untuk mengedukasi para pengendaran motor agar lebih aman dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

Melalui kegiatan tersebut, R17 Group sudah menggelar training dan pelatihan safety riding sebanyak 75 kali di wilayah Jabodetabek sejak 2017. Pihak Polda Metro Jaya memberikan penghargaan kepada R17 Group sebagai penyelenggara Safety Riding Training terbanyak dilakukan di daerah tersebut.

Berikut ini adalah rangkuman informasi terbaru mengenai program gelar Safety Riding Training, R17 Group yang diapresiasi Polda Metro Jaya.

Apa Itu Safety Riding Training dari R17 Group?

Safety Riding Training merupakan program yang diselenggarakan oleh R17 Group dengan tujuan untuk memberikan edukasi bagi masyarakat mengenai keselamatan berkendara. Program ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang aturan lalu lintas serta cara berkendara yang aman dan benar.

Para peserta yang mengikuti program ini akan difasilitasi oleh instruktur yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Instruktur yang berkualitas dan berpengalaman akan memberikan pengajaran yang mudah dipahami dan diingat oleh peserta.

Pelatihan yang diberikan dalam program Safety Riding Training mencakup berbagai aspek seperti teknik mengendarai, cara menghindari bahaya, mempersiapkan diri sebelum berkendara dan sebagainya. Selain itu, peserta juga akan diberikan pemahaman tentang peralatan pelindung diri selama berkendara seperti helm, jaket, sepatu, sarung tangan dan lain-lain.

Langkah-langkah Dalam Melakukan Safety Riding Training

Untuk mengikuti pelatihan Safety Riding Training dari R17 Group, peserta akan melewati beberapa langkah dasar seperti:

1. Pendaftaran

Peserta harus mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui situs web atau media sosial yang telah disediakan oleh R17 Group. Setelah melakukan pendaftaran, peserta akan mendapatkan informasi lengkap tentang lokasi dan waktu pelatihan.

2. Persiapan

Sebelum mengikuti pelatihan, peserta diharuskan untuk mempersiapkan diri secara fisik dan mental. Ini termasuk mengenakan pakaian yang nyaman serta membawa peralatan pelindung diri yang sesuai.

3. Pelatihan

Pelatihan terdiri dari serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan baru bagi peserta. Malalui pelatihan ini, peserta akan diajarkan tentang teknik mengemudi yang benar, cara memperlakukan kendaraan, serta menghadapi situasi bahaya yang mungkin terjadi di jalan.

4. Evaluasi

Setelah selesai mengikuti pelatihan, peserta akan dievaluasi untuk menilai kemampuan dan penguasaannya atas materi pelajaran. Evaluasi ini membantu peserta dalam mengetahui sejauh mana pengetahuan dan keterampilannya serta diarahkan pada area yang perlu ditingkatkan.

Manfaat Safety Riding Training

Program Safety Riding Training dari R17 Group memberikan berbagai manfaat bagi peserta seperti:

1. Meningkatkan kesadaran tentang keselamatan di jalan raya

Program ini membantu peserta dalam memahami pentingnya keselamatan dan menanamkan perilaku yang aman dan benar saat berkendara.

2. Mengenalkan teknik mengemudi yang benar

Peserta akan diberikan pemahaman mengenai teknik mengemudi yang benar, mulai dari cara memulai kendaraan, melindungi kendaraan dari kerusakan serta teknik menghindari bahaya dan situasi kritis.

3. Mengurangi risiko kecelakaan

Dengan memahami aspek keselamatan berkendara yang benar dan teknik mengemudi yang tepat, peserta akan mampu mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya.

4. Meningkatkan rasa percaya diri

Peserta akan merasa lebih percaya diri saat berkendara karena telah memahami teknik mengemudi yang benar dan mempunyai keterampilan serta pengetahuan yang diperlukan.

Tips Berkendara Aman

Selain mengikuti program Safety Riding Training, peserta juga perlu mengetahui beberapa tips berkendara aman, antara lain:

1. Pastikan kendaraan dalam kondisi baik

Sebelum memulai perjalanan, periksa terlebih dahulu kondisi kendaraan. Pastikan ban dalam kondisi baik, rem berfungsi dengan baik, lampu dan klakson berfungsi dengan baik serta minyak dan air radiator mencukupi.

2. Pakai helm dan alat pelindung diri lainnya

Pastikan Anda menggunakan helm yang sesuai standard SNI dan juga memakai alat pelindung diri lainnya seperti jaket, sepatu, sarung tangan dll. Alat pelindung diri ini akan melindungi Anda dari bahaya ketika mengalami kecelakaan.

3. Jangan menggunakan hp saat berkendara

Penting untuk menghindari penggunaan hp saat berkendara. Hal tersebut dapat mengalihkan perhatian dari jalanan dan membuat Anda tidak fokus.

4. Patuhi aturan lalu lintas

Ikuti aturan lalu lintas yang berlaku seperti mematuhi rambu-rambu, lampu lalu lintas serta memperhatikan perlambatan laju kendaraan lain yang berada di depan.

5. Perhatikan kondisi lingkungan sekitar

Pastikan Anda selalu memperhatikan kondisi lingkungan sekitar, seperti cuaca dan kondisi jalan. Jangan lupa selalu menghormati pengendara lain dengan memberikan jarak yang cukup serta memperlakukan kendaraan dengan benz seperti yang harusnya.

Kesimpulan

Program gelar Safety Riding dari R17 Group telah diapresiasi oleh Polda Metro Jaya. Program ini ditujukan untuk memberikan edukasi pada masyarakat mengenai keselamatan berkendara. Peserta pelatihan akan mendapatkan pengajaran dari instruktur yang berkualitas dan berpengalaman. Manfaat yang dihasilkan dari program ini antara lain meningkatkan kesadaran tentang keselamatan di jalan raya, mengurangi risiko kecelakaan, serta meningkatkan rasa percaya diri saat berkendara. Semoga artikel ini dapat membantu meningkatkan kesadaran akan keselamatan di jalan raya, sekaligus memberikan informasi mengenai metodologi pelatihan Safety Riding Training dari R17 Group.

Original Post By Dmarket