Berita  

Mudik Minim Sampah, Ini Imbauan Dinas LHK Sumut

IMG 20230415 WA0001

Mudik Minim Sampah, Ini Imbauan Dinas LHK Sumut

Mudik menjadi tradisi yang selalu dilakukan oleh banyak orang setiap tahunnya. Namun, seringkali aktivitas mudik ini diiringi dengan timbulnya permasalahan lingkungan, salah satunya adalah peningkatan jumlah sampah. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah di tempat yang tepat. Untuk mengatasi hal tersebut, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sumatera Utara memberikan imbauan mudik minim sampah.

1. Mengenal Dinas LHK Sumut

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sumatera Utara adalah lembaga yang bertanggung jawab dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan di wilayah Sumatera Utara. Salah satu tugas utama mereka adalah membantu masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

2. Mudik Minim Sampah, Penting Untuk Lingkungan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, aktivitas mudik yang dilakukan oleh banyak orang setiap tahunnya sering kali menimbulkan masalah lingkungan. Peningkatan jumlah sampah yang dihasilkan selama mudik berlangsung jika tidak dikelola dengan baik tentunya akan berdampak negatif pada lingkungan. Oleh karena itu, mudik minim sampah adalah sebuah kampanye yang sangat penting untuk dilakukan dan dapat memberikan manfaat bagi lingkungan.

3. Imbauan Mudik Minim Sampah

Dinas LHK Sumut menyarankan agar masyarakat melakukan mudik minim sampah dengan cara meminimalkan penggunaan kantong plastik, membawa wadah makanan yang bisa digunakan kembali, dan memilah sampah sebelum dibuang ke tempat sampah. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk membawa bekal makanan dan minuman dari rumah, sehingga tidak perlu membeli makanan yang dikemas dengan kemasan plastik.

4. Tindakan Kelola Sampah Saat Mudik

Salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi jumlah sampah selama mudik adalah dengan mengumpulkan sampah dan membuangnya di tempat sampah yang tersedia. Selain itu, masyarakat juga dapat membawa tas belanja sendiri yang dapat digunakan kembali dan menghindari penggunaan kantong plastik. Dengan mengambil beberapa tindakan sederhana, kita dapat membantu mengurangi dampak negatif dari aktivitas mudik terhadap lingkungan.

5. Kontribusi Dalam Mengatasi Masalah Sampah

Setiap orang dapat memberikan kontribusi dalam mengatasi masalah sampah, termasuk pada saat mudik. Salah satu tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan memilah sampah sebelum dibuang ke tempat sampah. Sampah organik seperti sisa makanan atau daun-daun kering dapat dikomposkan dan digunakan sebagai pupuk tanaman. Sedangkan, sampah non-organik seperti botol plastik atau kemasan makanan harus dibuang di tempat sampah yang tersedia.

6. Pentingnya Kesadaran Masyarakat

Tentunya pentingnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan harus terus ditanamkan. Kampanye mudik minim sampah adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran tersebut. Sebagai masyarakat yang peduli terhadap lingkungan, kita harus berusaha untuk mengurangi dampak negatif dari aktivitas mudik terhadap lingkungan.

7. Kesimpulan

Mudik minim sampah adalah sebuah kampanye yang sangat penting dalam upaya menjaga keberlangsungan dan kelestarian lingkungan. Dalam mengatasi masalah sampah, tindakan yang dilakukan harus berpusat pada pengurangan, pemilahan, dan pengelolaan sampah yang tepat. Oleh karena itu, dengan mengambil tindakan sederhana seperti meminimalkan penggunaan kantong plastik dan memilah sampah sebelum dibuang, kita dapat membantu mewujudkan mudik yang minim sampah dan menjaga lingkungan yang bersih dan sehat.

Original Post By Dmarket

Originally posted 2023-04-14 20:50:41.