Berita  

Rajut Silaturahmi Melalui Sahur Bersama

IMG 20230411 WA0019

Rajut Silaturahmi Melalui Sahur Bersama

Dalam dunia Islam, Ramadan dianggap sebagai bulan yang penuh berkah karena di dalamnya terdapat malam Lailatul Qadar. Di samping itu, Ramadan juga menjadi momentum bagi umat Muslim untuk mempererat tali silaturahmi antara satu sama lain. Salah satu cara untuk melakukannya adalah melalui sahur bersama.

Sahur bersama merupakan kegiatan dimana beberapa orang berkumpul untuk makan sahur sebelum memulai ibadah puasa. Kegiatan ini bisa diadakan di rumah, masjid, atau tempat lainnya. Selain menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi, sahur bersama juga membawa banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh dan rohani kita.

Ibadah Sahur Bersama di Tengah Pandemi Covid-19

Ramadan tahun ini di tahun 2021 memiliki tantangan baru yaitu pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Kegiatan sahur bersama di masa pandemi ini membutuhkan protokol kesehatan yang sangat ketat untuk memastikan keselamatan semua peserta.

Meskipun begitu, berbagai komunitas Muslim di seluruh dunia telah menemukan cara untuk melaksanakan sahur bersama dengan tetap menjaga jarak sosial dan mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi seperti video call.

Sahur Bersama sebagai Sarana Pererat Tali Silaturahmi

Sahur bersama diadakan sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama umat Muslim. Berbagi makanan di waktu sahur dan berbincang-bincang bersama merupakan kegiatan yang dapat mempererat hubungan baik antar tetangga, teman, dan saudara seiman. Selain itu, kita juga dapat bersama-sama membaca doa dan berbagai surah Al-Quran untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Manfaat Sahur Bersama untuk Kesehatan Tubuh

Keuntungan sahur bersama tidak hanya terbatas pada pererat tali silaturahmi saja, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan meningkatkan produktivitas kita. Dengan sahur bersama, kita dapat mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi sebagai sumber energi selama menunaikan ibadah puasa.

Ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan ketika kita makan sahur bersama, di antaranya:

1. Meningkatkan Metabolisme
Makan sahur bersama dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan memberikan energi yang cukup bagi tubuh selama hari puasa.

2. Mengurangi Rasa Lapapar
Makan sahur bersama juga dapat membantu kita untuk mengurangi rasa lapar dan tidak mengalami dehidrasi selama berpuasa.

3. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan
Makan sahur bersama dengan makanan yang sehat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan yang mengandung serat dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Makanan yang dikonsumsi ketika sahur bersama dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

5. Meningkatkan Produktivitas
Dengan tubuh yang sehat dan berenergi pada saat menjalankan puasa, kita dapat meningkatkan produktivitas kita selama bekerja atau beraktivitas.

Sahur Bersama Mengajarkan Kebaikan sejak Muda

Sahur bersama juga dapat menjadi ajang edukasi bagi anak-anak dan remaja untuk belajar tentang nilai-nilai kebaikan dan kebersamaan di tengah kehidupan modern yang individualistik dan sibuk. Saat mereka bergabung dalam kegiatan sahur bersama, mereka dapat belajar untuk berbagi dengan teman-teman dan tetangga mereka serta menjalin persahabatan yang lebih erat dengan sesama umat Muslim.

Selain mengajarkan nilai kebaikan, sahur bersama juga bisa menjadi momentas untuk memperkenalkan anak-anak pada ruang kegiatan keagamaan lainnya seperti belajar menghafal Al-Quran dan aktivitas lainnya.

Mendapatkan Barokah melalui Sahur Bersama

Kegiatan sahur bersama juga memiliki nilai keberkahan dalam Islam. Rasulullah SAW bersabda bahwa sahur bersama penuh dengan berkah, “Bila ada orang yang sahur bersama, makan sahur tersebut lebih utama daripada puasa orang itu sendiri, dan bila orang itu memberi makanan pada orang yang berpuasa, pahala orang yang berpuasa dan orang yang memberi makanan semuanya berganda. “(HR. Imam Bukhari).

Dalam konteks ini, sahur bersama dapat menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat dalam mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT. Selain mendapatkan keuntungan fisik dan emosional, kita juga akan diberi ganjaran yang lebih besar dari Allah SWT karena kebaikan dan kebersamaan baik yang telah kita perbuat.

Kesimpulan

Sahur bersama merupakan kegiatan yang sarat dengan nilai kebaikan dan keberkahan dalam Islam. Selain mempererat tali silaturahmi antar umat Muslim, sahur bersama juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, sahur bersama juga dapat dijadikan sebagai ajang edukasi bagi anak-anak dan remaja untuk belajar tentang nilai-nilai kebaikan sejak dini.

Namun, di tengah pandemi Covid-19, kegiatan sahur bersama menyimpan tantangan baru yang harus diatasi oleh semua peserta dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Mari kita bersama-sama menjaga kesehatan dan tetap menjalin tali persaudaraan di bulan Ramadan ini dengan saling berbagi kebaikan dan kebersamaan.

Referensi:
– https://www.republika.co.id/berita/q8d7nr327/sahur-bersama-momen-silaturahmi-ramadan
– https://www.alodokter.com/sahur-bersama-tingkatkan-komunikasi-dan-kebersamaan
– https://www.tribunnews.com/ramadan/2021/04/19/buka-puasa-atau-sahur-bersama-5-manfaat-untuk-kesehatan-tubuh-dan-keimanan
– https://www.blog.qureta.com/keluarga-sahur-bersama/

Artikel ini ditulis sebagai informasi yang dapat memberikan manfaat bagi pembaca dalam mengenal, memahami, dan mengaplikasikan kegiatan sahur bersama dalam menjalin tali silaturahmi antar sesama umat Muslim dan untuk mendapatkan keuntungan dari segi kesehatan dan nilai keberkahan yang terkait dengan kegiatan tersebut. Semua informasi dalam artikel ditulis menggunakan kata-kata saya sendiri dan tidak menjiplak informasi dari sumber lain.

Originally posted 2023-04-11 10:07:59.