Janji Anies-Muhaimin untuk Kebijakan Berkeadilan Bukan Hanya Mengubah Sekadar Itu Saja

Janji Anies Muhaimin untuk Kebijakan Berkeadilan Bukan Hanya Mengubah Sekadar Itu

.

Bukan Sekadar Mengubah, Anies-Muhaimin Janjikan Kebijakan Berkeadilan

Pada tahun 2017, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta dengan slogan “Bukan Sekadar Mengubah” yakni Anies Baswedan dan Sandiaga Uno terpilih menjadi pimpinan daerah di ibu kota Indonesia. Bersamaan dengan berakhirnya masa jabatan gubernur sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, kemenangan Anies-Sandiaga dari jalur independen membawa harapan baru bagi warga Jakarta.

Namun, saat ini Sandiaga telah maju sebagai calon presiden di Pilpres 2019 dan mundur dari jabatan wakil gubernur. Anies Baswedan kini berpasangan dengan Muhaimin Iskandar, mantan Wakil Presiden di era SBY. Mereka bersama-sama akan memimpin Jakarta untuk periode 2017-2022 dengan visi misi “Jakarta Maju Bersama Keadilan”.

Dalam memimpin Jakarta, Anies-Muhaimin menekankan pentingnya kebijakan yang berkeadilan. Mereka berkomitmen memperhatikan kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat, baik yang berada di perkotaan maupun yang berada di pedesaan. Berikut ini beberapa kebijakan yang telah dilaksanakan Anies-Muhaimin tahun ini.

1. Penyediaan Lahan Bangunan untuk Rakyat Kurang Mampu

Anies-Muhaimin telah mengalokasikan dana untuk menyiapkan lahan bangunan bagi masyarakat yang kurang mampu, terutama di kawasan pesisir Jakarta. Lahan-lahan tersebut akan disediakan secara mandiri oleh pemerintah, sehingga masyarakat tidak perlu membeli lahan secara ilegal atau membayar mahal ke pengembang.

2. Program Kartu Jakarta Pintar Gratis bagi Pelajar

Anies-Muhaimin memperkenalkan program Kartu Jakarta Pintar Gratis bagi pelajar di seluruh tingkatan pendidikan, mulai dari SD hingga SMA/SMK. Dengan program ini, anak-anak yang kurang mampu tidak perlu khawatir lagi dengan biaya seragam dan peralatan sekolah.

3. Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

Anies-Muhaimin memiliki program untuk membangun pembangkit listrik tenaga sampah sebagai alternatif sumber energi di Jakarta. Sampah-sampah yang dikumpulkan akan diolah menjadi listrik, serta menuju pengurangan jumlah sampah yang menumpuk di kota.

4. Program Bedah Rumah

Untuk mengentaskan kemiskinan dan memberikan hak masyarakat atas tempat tinggal yang layak, Anies-Muhaimin memperkenalkan program bedah rumah. Tujuannya adalah memberikan bantuan dan perbaikan kecil-kecilan pada rumah yang layak huni bagi masyarakat kurang mampu.

5. Rehabilitasi Sungai dan Taman Kota

Anies-Muhaimin memiliki program untuk merestorasi dan memperbaiki kondisi sungai-sungai di Jakarta yang sudah tercemar, serta mengkondisikan taman-taman kota yang sudah rusak. Hal ini untuk meningkatkan kesehatan lingkungan dan mencegah terjadinya bencana banjir.

6. Peningkatan Tenaga Medis di Rumah Sakit

Anies-Muhaimin mendorong peningkatan kualitas tenaga medis di rumah sakit-rumah sakit umum Jakarta. Oleh karena itu, jumlah tenaga medis ditingkatkan dengan memberikan pendidikan maupun pelatihan bagi tenaga medis. Tujuannya adalah memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi seluruh masyarakat Jakarta.

7. Transaksi Pajak Online

Di era digital saat ini, Anies-Muhaimin memperkenalkan program Transaksi Pajak Online yang mempermudah pelayanan perpajakan bagi masyarakat Jakarta. Melalui program ini, warga Jakarta dapat membayar pajak secara online dan menghindari antrian panjang di balai pajak.

8. Pengaturan Parkir dengan Sistem Online

Anies-Muhaimin memperkenalkan sistem pengaturan parkir yang dilakukan secara online. Sistem ini diterapkan di beberapa ruas jalan utama di Jakarta guna mengatasi masalah kemacetan dan parkir liar di trotoar. Penerapan sistem pengaturan parkir online juga dapat meningkatkan efisiensi stok parkir di beberapa lahan parkir.

9. Rehabilitasi Rusunawa dan Rusun

Anies-Muhaimin memiliki program untuk memperbaiki kondisi rumah susun (rusun) di Jakarta. Tujuannya adalah membantu masyarakat yang kurang mampu untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak dan nyaman. Program ini juga akan memperbaiki kondisi rusunawa (rumah susun sewa) yang sudah rusak demi keamanan dan kenyamanan penghuninya.

10. Penghematan Energi Listrik di Gedung Pemerintah

Anies-Muhaimin menerapkan penghematan energi untuk mengurangi konsumsi listrik di gedung-gedung pemerintah. Hal ini dilakukan guna mengurangi pengeluaran pemerintah dan meningkatkan efisiensi pemanfaatan energi. Program ini juga dapat memberikan edukasi bagi warga Jakarta untuk menghemat energi di rumah masing-masing.

Dengan kebijakan-kebijakan tersebut, Anies-Muhaimin membuktikan keseriusannya dalam menjalankan visi misinya “Jakarta Maju Bersama Keadilan”. Kebijakan-kebijakan yang dilaksanakan dalam bidang sosial, lingkungan, dan ekonomi memperkuat komitmen Anies-Muhaimin untuk mengambil peran sebagai pemimpin berkeadilan bagi rakyat Jakarta. Sementara banyak pro dan kontra terkait implementasi kebijakan-kebijakan tersebut di tahun ini, namun langkah-langkah yang dilakukan Anies-Muhaimin dalam mengurus Jakarta masih sangat penting dan harus diteruskan dalam rangka mewujudkan kota yang maju dan berkeadilan bagi semua.

Original Post By Dmarket