Berita  

XL Axiata Gerak Cepat Antisipasi Lonjakan Trafik Data di Jabar

1e0a2a6c9ba77e11bf741b86e3690e3d

XL Axiata Gerak Cepat Antisipasi Lonjakan Trafik Data di Jabar

XL Axiata merupakan salah satu operator telekomunikasi terbesar di Indonesia. Perusahaan ini terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan memberikan layanan yang berkualitas. Salah satu layanan yang sangat dibutuhkan oleh pelanggan adalah layanan data. Data sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, terutama dalam suasana pandemi seperti saat ini. Oleh sebab itu, XL Axiata melakukan gerak cepat untuk menyediakan layanan data berkualitas di Jawa Barat.

Perusahaan ini mengantisipasi lonjakan trafik data di Jabar dengan meningkatkan infrastruktur jaringannya. Selain itu, XL Axiata juga memperluas jangkauannya di wilayah tersebut. Hal ini tentunya akan memberikan manfaat besar bagi pelanggan yang membutuhkan layanan data berkualitas dengan kecepatan tinggi. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang bagaimana XL Axiata melepaskan peran aktif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan memberikan layanan yang terbaik bagi para pelanggannya.

1. Gerak Cepat XL Axiata

Sebagai bagian dari inisiatif gerak cepat, XL Axiata mendirikan kantor-walk-in center yang berada di sejumlah daerah di Jawa Barat. Tujuannya adalah untuk mendekatkan pelayanan kepada pelanggan dalam memenuhi kebutuhan data. Walk-in center ini melayani segala kebutuhan terkait jaringan, kartu perdana, voucher, hingga pembayaran tagihan.

2. Teknologi 4G LTE

XL Axiata sudah memperkenalkan teknologi 4G LTE yang mampu memberikan kecepatan download hingga 185 MBps. Kecepatan ini jauh lebih tinggi dibandingkan teknologi 3G. Pelanggan akan merasakan perbedaan signifikan ketika menggunakan teknologi 4G LTE, khususnya dalam mendapatkan akses internet yang lebih cepat.

3. Macro Base Transceiver Station

Untuk memperkuat sinyal telepon dan data di daerah Jawa Barat, XL Axiata telah membangun Macro Base Transceiver Stations (BTS) yang tersebar di wilayah itu. BTS merupakan piranti yang sangat penting dalam penyediaan layanan telekomunikasi khususnya dalam hal penguatan sinyal. Dengan begitu, para pelanggan akan merasakan kualitas sinyal yang lebih baik dan tidak terputus-putus.

4. Palapa Ring

Selain teknologi yang diterapkan oleh perusahaan, XL Axiata juga memanfaatkan Palapa Ring dalam memperkuat jaringan. Palapa Ring adalah jaringan serat optik sepanjang 35.280 kilometer yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Jaringan serat ini menyediakan jaringan backhaul multi terabit yang kuat untuk menghubungkan wilayah yang terpencil atau sulit dijangkau.

5. Internet of Things

XL Axiata juga berperan aktif dalam mengembangkan teknologi Internet of Things (IoT). IoT adalah teknologi yang berinteraksi dengan lingkungan dan perangkat elektronik melalui internet. Dalam hal ini, XL Axiata menyediakan kartu SIM khusus yang dapat dipasang dalam sejumlah alat seperti mesin ATM, alat transportasi umum, hingga alat peraga pameran. Dengan kehadiran kartu SIM tersebut, alat tersebut dapat terhubung dengan jaringan internet dan memudahkan dalam hal pengoperasiannya.

6. IOT Monitoring System

XL Axiata juga mengembangkan IOT Monitoring System. Sistem ini berguna dalam hal memonitoring sejumlah parameter tertentu dalam suatu lingkungan. Penggunaan sistem ini dapat memudahkan dalam hal penyediaan informasi data, memonitor kualitas lingkungan hingga pemenuhan kebutuhan sumber daya.

7. Antara IoT dan AI

Selain IoT, XL Axiata juga mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI). Teknologi AI digunakan dalam memprediksi data dan perilaku pengguna. Dengan begitu, XL Axiata dapat mengelola data pengguna dengan lebih efektif dan efisien. Teknologi AI juga memudahkan dalam hal pembuatan keputusan strategis untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

8. Perluasan Bisnis

XL Axiata tak hanya berfokus dalam hal jaringan dan teknologi. Perusahaan ini juga melakukan perluasan bisnis dengan mengembangkan sejumlah layanan baru. Salah satunya adalah layanan e-commerce. Ditengah pandemi ini, layanan e-commerce sangat dibutuhkan oleh masyarakat di seluruh dunia. Bersamaan dengan itu, XL Axiata menghadirkan aplikasi seperti XL Axiata Digital Service (XADS) dan XL Home. Aplikasi tersebut menyediakan layanan seperti TV berlangganan, toko online, hingga portal berita.

9. Layanan Virtual Digital

Merespons kebutuhan pelanggan yang ingin semakin praktis, XL Axiata juga menyediakan sejumlah layanan virtual digital. Salah satunya adalah chatbot. Chatbot adalah aplikasi yang dapat berinteraksi dengan pengguna untuk menjawab pertanyaan. XL Axiata menggunakan teknologi chatbot dalam memudahkan pelanggan dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti membeli pulsa, kuota internet hingga pembayaran tagihan.

10. Dampak Positif

Dalam upaya mengembangkan teknologi dan pelayanan terbaik bagi pelanggan, XL Axiata memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Sebagai salah satu perusahaan swasta terbesar, XL Axiata memberikan banyak peluang kerja bagi masyarakat. Perusahaan ini juga menggunakan teknologi yang berdampak positif bagi lingkungan sekitar. Di samping itu, layanan telekomunikasi yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah.

Kesimpulan

XL Axiata melalui upayanya dalam meningkatkan teknologi dan pelayanan, memberikan dampak positif bagi masyarakat dan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Perusahaan selalu berupaya dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dengan layanan terbaik dan berkualitas. Dalam era digital yang semakin maju, XL Axiata terus melakukan inovasi dan peningkatan layanan agar tetap menjadi perusahaan telekomunikasi terdepan dan memberikan manfaat yang besar bagi pelanggan dan masyarakat dengan cara cepat, aman dan nyaman.

Originally posted 2023-04-06 12:00:42.