Dirongrong Pemerintah AS, Tiktok Justru Jadi Favorit Acara Olahraga Paman Sam Beriklan

026411400 1677492275 olivier bergeron 5JSZzMilCVo unsplash

Tiktok, media sosial yang selama ini menjadi sorotan karena dituduh sebagai alat pengumpulan data oleh pemerintah Amerika Serikat (AS), ternyata justru berhasil menarik minat sebagai tempat beriklan untuk acara olahraga. Hal ini terjadi di saat beberapa media sosial lainnya justru kehilangan kepercayaan pengguna mereka terkait privasi data. Meskipun demikian, Tiktok masih mampu membuktikan dirinya sebagai media sosial yang tetap menarik hati pengguna.

Bagaimana Tiktok tetap mampu bertahan di tengah kontroversi? Apa yang membuat acara olahraga Paman Sam memilih Tiktok sebagai media sosial beriklan? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Tiktok, Dikejar Pemerintah AS

Sebelum melangkah lebih jauh tentang Tiktok, mari kita tunjukkan dahulu bagaimana Tiktok dirongrong oleh pemerintah AS. Seperti yang diketahui, pada bulan September 2020, pemerintah AS menyatakan bahwa mereka khawatir dengan Tiktok karena memungkinkan pihak berwenang China mengumpulkan data pengguna Tiktok. Seiring waktu, hubungan antara Tiktok dengan pemerintah AS semakin rapuh hingga membuat perusahaan asal China, ByteDance, terpaksa menjual bisnis Tiktok di AS ke perusahaan Amerika Serikat.

2. Tiktok Bukan Sekadar Aplikasi Lain

Tidak seperti media sosial lainnya, Tiktok memiliki ciri khas yang memungkinkannya lebih menarik bagi penggunanya. Seperti contohnya, Tiktok memiliki durasi video singkat, biasanya di bawah 60 detik, dan sangat cocok untuk dibuat secara kreatif dengan editing singkat hingga disukai oleh penggunanya. Hal ini memungkinkan video yang viral dan dapat membuat pengguna merasa senang dan terhibur saat menontonnya.

3. Tiktok Menjalin Kemitraan dengan Acara Olahraga Paman Sam

Meski memiliki kontroversi dengan pemerintah AS, Tiktok tetap menunjukkan potensinya sebagai media sosial yang populer. Dalam beberapa tahun terakhir, Tiktok menjalin kemitraan dengan beberapa acara olahraga seperti NBA, NFL, dan MLB. Tak hanya bergabung dengan beberapa acara olahraga, Tiktok juga berhasil meraup keuntungan besar dengan menjadi media beriklan bagi acara-acara tersebut.

4. Acara NFL Tiktok Highlight Show

Salah satu acara yang banyak diminati adalah acara NFL Tiktok Highlight Show. Acara ini merupakan kolaborasi antara NFL dan Tiktok yang ditujukan bagi fans NFL yang ingin melihat cuplikan terbaik dari pertandingan NFL. Selain itu, cara penayangannya diatur dengan menghadirkan banyak animasi serta kostum yang lucu. Sehingga membuat acara tersebut menarik bagi pengguna Tiktok dan penggemar olahraga.

5. Acara MLB Anti-Bullying

Tidak hanya NFL, Major League Baseball (MLB) juga menjalin kerja sama dengan Tiktok dalam bentuk kampanye antiperundungan atau anti-bullying. Kampanye tersebut ditujukan untuk mempromosikan gerakan anti-bullying kepada pengguna Tiktok dan penggemar olahraga secara umum.

6. Acara NBA Bench Moments

Acara NBA Bench Moments adalah program yang dipersembahkan oleh NBA dengan peserta yang berasal dari berbagai tim NBA. Sebuah program yang menghadirkan banyak kejutan dan kegembiraan bernuansa seperti game show. Oleh karena itu, membuat acara tersebut sangat menarik untuk diikuti dan mendapat perhatian pengguna Tiktok.

7. Kontroversi Tiktok

Tiktok sebenarnya tidak luput dari kontroversi. Tiktok dituding sebagai aplikasi yang memanipulasi data pribadi pengguna yang dapat memengaruhi keamanan nasional. Sehingga, banyak negara-negara lain yang ikut melarang penggunaannya. Kendati demikian, banyak pengguna Tiktok tetap setia dan merasa nyaman dengan media sosial yang satu ini.

8. Strategi Tiktok

Dalam menghadapi kontroversi dan sejumlah tantangan, Tiktok tidak berdiam diri saja. Tiktok melakukan beberapa strategi seperti menghapus konten yang melanggar standar pribadi, menjaga privasi data penggunanya, dan melakukan kampanye positif. Strategi yang dilakukan oleh Tiktok efektif dan telah diketahui oleh seluruh pengguna Tiktok.

9. Tiktok Sebagai Favorit Pengguna AS

Ternyata, Tiktok juga menjadi populer di Amerika Serikat. Media sosial yang satu ini menempati posisi keenam teratas diantara jajaran media sosial populer lainnya seperti Facebook, Instagram, YouTube, WhatsApp dan Twitter.

10. Kesimpulan

Tiktok sebagaimana yang telah disebutkan di atas, ternyata terus menunjukkan ketangguhannya sebagai media sosial yang populer baik di dalam maupun luar negeri. Tiktok tetap menarik minat banyak pengguna selama menjadi wadah hiburan, informasi, dan berita terkini olahraga. Tak hanya menjadi tempat hiburan, Tiktok juga berhasil memenangkan hati pengguna olahraga di AS dengan menjalin keberhasilan kemitraannya dengan beberapa acara olahraga serta menjadi media bagi pengiklan dan organisasi olahraga yang ingin mempromosikan produk, jasa, serta kampanye mereka.

Dalam waktu dekat, Tiktok juga akan menghadapi tantangan untuk mempertahankan pengguna dan memperkuat citranya sebagai media sosial yang aman dan dapat dipercaya. Oleh karena itu, diharapkan Tiktok dapat terus berinovasi dan mengambil langkah-langkah yang tepat sehingga Tiktok dapat tetap menjadi pilihan utama bagi pengguna media sosial di mana pun.

Originally posted 2023-03-30 22:21:36.