Mobil Listrik Hyundai Kona Disulap Jadi Kendaraan Reli Bertenaga Buas, Tembus 800 Tk

087405600 1680005049 download 15

Mobil listrik semakin populer dan terlihat semakin sering di jalan. Tak hanya itu, mobil listrik juga mulai digunakan untuk olahraga yang menuntut kecepatan dan kekuatan, yaitu reli. Salah satunya adalah Hyundai Kona Electric, yang telah dimodifikasi menjadi mobil reli yang sangat tangguh.

Hyundai Kona Electric: Mobil Listrik Yang Mendominasi Reli

Hyundai Kona Electric tidak hanya mendominasi di pasar mobil listrik, tetapi juga mendominasi di dunia reli. Kendaran ini dilengkapi dengan baterai 64 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 258 mil dengan sekali pengisian. Selain itu, Kona Electric dilengkapi dengan mesin yang mampu menghasilkan tenaga hingga 201 hp dan torsi hingga 291 lb-ft. Mesin itu cukup kuat untuk menghasilkan akselerasi dari 0-60 mph dalam waktu 6,4 detik.

Berbagai Modifikasi Dilakukan Untuk Menghasilkan Kendaraan Reli Yang Kuat

Mesin Hyundai Kona Electric yang kuat membuatnya menjadi mobil yang luar biasa. Namun, mobil ini memerlukan beberapa modifikasi agar dapat digunakan sebagai kendaraan reli yang kuat. Beberapa modifikasi seperti penggantian radiator, perubahan suspensi, dan penggunaan knalpot yang lebih besar dilakukan untuk menghasilkan tenaga lebih besar dan memperbaiki sistem pendinginan.

Fitur Keamanan Ditingkatkan Untuk Mendukung Kendaraan Reli

Dalam setiap olahraga, keselamatan adalah nomor satu. Hyundai Kona Electric dirancang untuk memberikan keselamatan tertinggi bagi pengendara dan penumpangnya, bahkan dalam kondisi reli yang sulit. Fitur keselamatan pada mobil ini seperti penggunaan sabuk pengaman, sistem rem ABS, dan kontrol traksi yang telah meningkat.

Menyulap Kona Electric Menjadi Kendaraan Reli Bertenaga Buas

Kendaraan reli harus memiliki kekuatan yang cukup dan kecepatan yang luar biasa. Para pelatih dan mekanik yang berasal dari Hyundai Motorsport melakukan berbagai modifikasi pada Hyundai Kona Electric agar dapat menjadi kendaraan reli berteknologi tinggi dengan kecepatan dan tenaga yang luar biasa. Mereka mengganti sebagian besar non-serat komposit dengan serat karbon, yang lebih ringan dan lebih kuat.

Mobil Ini Mampu Menembus Daya Hingga 800 Tk

Hyundai Kona Electric yang telah dimodifikasi dilengkapi dengan dua mesin listrik yang dapat menghasilkan tenaga hingga 800 hp. Hal ini membuatnya mampu menempuh jarak 0-62 mph dalam waktu 2,5 detik. Kecepatan dan tenaga yang luar biasa tersebut membuatnya menjadi pesaing yang berat di ajang reli.

Rangka dan Suspensi Kona Electric Ditingkatkan Untuk Keperluan Reli

Hyundai Kona Electric berbasis SUV. Oleh karena itu, rangka dan suspensi mobil ini ditingkatkan agar dapat bertahan di medan yang bergelombang dan sulit. Hyundai Motorsport melakukan perubahan pada suspensi dan casis mobil, serta menambahkan roll-cage untuk meningkatkan daya tahan dan keamanan saat terjadi kecelakaan.

Kendaraan Hanya Diproduksi Dalam Jumlah Terbatas

Karena harganya yang mahal dan karena hanya tersedia dalam jumlah terbatas, Hyundai Kona Electric yang telah dimodifikasi menjadi kendaraan reli memang ditujukan untuk para pembalap profesional. Kendaraan ini lebih cocok digunakan di ajang reli daripada digunakan sebagai kendaraan harian. “Hyundai Kona Electric ini adalah salah satu dari proyek rekayasa kami dan dijual secara terbatas,” kata Andreas-Christoph Hofmann, Vice President Marketing dan Produk Hyundai Motor Europe.

Membawa Mobil Listrik ke Reli Tidaklah Mudah

Beralih dari mobil berbahan bakar konvensional ke mobil listrik dalam dunia olahraga, termasuk reli tidaklah mudah. Namun demikian, Hyundai Motorsport telah berhasil menghadirkan kendaraan yang tangguh dan dapat diandalkan. “Menjadi pabrikan mobil ini berkeliling kota, kami memiliki keahlian dan pengalaman yang diperlukan untuk menciptakan kendaraan yang dapat menang di acara olahraga tingkat tertinggi. Ini terbukti dengan penampilan kami di World Rally Championship dan kami ingin memperluas keahlian ini ke segmen mobil listrik,” kata Andrea Adamo, Director Hyundai Motorsport.

Meskipun masih terbatas dalam produksinya dan belum dapat dijadikan sebagai kendaraan harian, namun Hyundai Kona Electric versi kendaraan reli ini membuktikan bahwa mobil listrik sudah dapat digunakan dalam olahraga reli yang menuntut akselerasi dan kecepatan. Mesin yang sangat kuat, baterai tahan lama, serta fitur keselamatan yang ditingkatkan membuat Hyundai Kona Electric menjadi kendaraan sempurna dalam ajang reli. Oleh karena itu, diharapkan teknologi mobil listrik akan terus berkembang lebih pesat lagi.

Originally posted 2023-03-29 04:56:43.

Exit mobile version